informasi dan jadwal Kasada Upacara Adat Suku Tengger Bromo

upacara adat kasadaUpacara adat Kasada merupakan salah satu upacara adat suku Tengger Bromo yang menjadi daya tarik wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Masyarakat sukuTengger yang mayoritas beragama Hindu menjadikan upacara adat Kasada ini sebagai salah satu hari rayanya. Lantas apa yang menjadikan upacara adat Kasada ini bisa menyedot banyak sekali wisatawan? Inilah alasannya. Meskipun upacara adat Kasada merupakan salah satu ritual keagaamaan dari masyarakat Tengger, ternyata prosesi upacara tersebut bisa menyedot banyak sekali wisatawan baik yang berasal dari dalam negeri maupun manca negara sekalipun.

informasi dan jadwal upacara adat kasada suku Tengger Bromo

Kalau Anda perhatikan, banyak sekali nilai filosofis yang ada dalam proses tahapan dari upacara adat Kasada ini. Jadi dengan ikut menyaksikan upacara adat Kasada masyaraka suku Tengger ini, Anda bisa mengambil hikmah bahwa di atas kita ada sebuah kekuatan besar yang wajib untuk dimintai pertolongan agar supaya selamat dari malapetaka. Selain itu masih banyak sekali pelajaran yang dapat diambil ketika menyaksikan proses upacara Kasada masyarakat suku Tengger ini.

Bagi masyarakat suku Tengger, upacara Kasada dimaksudakan untuk meminta keselamtan dan berkah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu upacara Kasada dimaksudkan untuk memperingati pengorbanan Raden Kusuma yang merupakan anak dari Jaka Seger dan Lara Anteng. Bagi Anda yang ingin menyaksikan upacara adat suku Tengger Bromo Kasada ini, bisa datang pada tanggal 14 sampai dengan 16 pada bulan Kasada atau pada saat bulan purnama tampak secara utuh dilangit yang terjadi setiap tahun hanya sekali.

BACA JUGA :  Sejarah legenda Gunung Bromo

“Upacara adat Kasada merupakan ritual adat keagamaan dalam rangka ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan pelantikan dukun baru suku Tengger Bomo”

Ketika upacara adat Kasada ini berlangsung, masyarakat dari suku Tengger ini berkumpul dengan membawa serta hasil bumi, berbagai macam ternak peliharaan dan ayam sebagai sesaji yang disimpan di ongkek. Berbagai macam sesaji tersebut nantinya akan diiring menuju kawah dari gunung Bromo kemudian dilempar ke kawah tersebut. Upacara adat Kasada juga sering disebut sebagai ujian bagi dukun baru dari masyarakat suku Tengger. yang sering disebut dengan pulun mulenen agar supaya sah menjadi dukun dari masyarakat suku Tengger. Dikarenakan apabila dukun baru tersebut gagal dalam memimpin proses upacara adat Kasada, maka dukun baru tersebut dinyatakan gagal menjadi dukun dari masyarakat suku Tengger.

Selain itu upacara adat suku Tengger Bromo Kasada juga dikenal sebagai upacara adat yang dimaksudkan untuk memperingati pengorbanan yang telah dilakukan oleh Raden Kusuma yang menurut kepercayaan dari masyarakat suku Tengger rela mengorbankan dirinya untuk keselamatan dari masyarakat suku Tengger. Legenda lain yang mengharuskan masyarakat suku Tengger harus melakukan upacara adat Kasada adalah dikarenakan dulunya ada perjanjian antara roh dari dewa Kusuma dan masyarakat suku Tengger yang harus memberi sesajen setiap tanggal 14 di bulan Kasada.

Di dalam upacara adat suku Tengger Bromo Kasada ini terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan secara berurutan. Karena apabila hal tersebut tidak dilakukan, masyarakat suku Tengger percaya bahwa upacara adat Kasada dinyatakan gagal dan malapetaka akan mengancam masyarakat suku Tengger ini. Adapun tahapan-tahapan dari upacara adat kasada dimulai dengan Puja purkawa, kemudian Manggala Upacara, diteruskan dengan Ngulat Umat, kemudian Tri Sandiya, kemudian Muspa, lantas Pembagian Bija, diteruskan dengan Diksa Widhi, dan diakhiri dengan Penyerahan sesaji di kawah Bromo. Selain untuk meminta keselamatan, upacara adat suku Tengger Bromo Kasada ini tentunya juga memberikan manfaat lain bagi masyarakat suku Tengger. Animo wisatawan baik dari dalam negeri maupun manca negara untuk ikut menyakisakan upacara adat Kasada yang sangat besar menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat suku Tengger.

BACA JUGA :  Puncak B29 Wisata Disekitar Gunung Bromo

Jadwal upacara kasada bromo 2016

Jadwal Upacara Kasada bromo 2016 ini bakal dilangsungkan pada pertengahan th. 2016, bertepatan sebulan sebelumnya acara Jazz Gunung Bromo 2016 berjalan serta diprediksikan diadakan pada tanggal 19 – 21 Juli 2016.
Untuk beberapa fotografer acara itu adalah satu moment yang begitu langka dan dinanti-nantikan, sangat di sayangkan bila anda tidak hadir dalam menyaksikan proses upacara ini. Bagi anda yang penasaran dan tertarik untuk menyaksikan upacara adat kasada di bromo kami meyediakan paket wisata bromo kasada 2016. Untuk informasi mengenai rincian acara dan fasilitasnya bisa menghubungi kontak kami.

BACA JUGA :  Fenomena Malam Bromo Milkyway yang Belum Banyak Diketahui

pesonabromo.com

pesonabromo.com adalah Agent perjalanan wisata di Jawa timur yang menyediakan berbagai macam paket wisata seperti wisata rafting, snorkeling, paragliding, trekking, volcano, air terjun, photography dan adukasi. Obyek wisata di jawa timur seperti gunung Bromo, kawah ijen, malang batu city tour, snorkeling pulau menjangan bali, Pantai Sukamade dan obyek wisata menarik lainnya di jawa timur.

WhatsApp Chat